Kamis, 23 Maret 2017

Inilah 15 Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami

Inilah 15 Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami : Hormon merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh manusia. Meskipun memiliki fungsi yang penting, hormon memiliki karakteristik yang sensitif.
Produksi hormon dapat berubah tergantung oleh banyak variabel. Tidak hanya itu saja, perubahan hormon akan mempengaruhi banyak aspek dalam tubuh manusia.


Perlu diketahui bahwa pengaruh dari ketidakseimbangan hormon tersebut dapat terlihat baik secara fisik maupun mental. Untungnya, hormon yang tidak stabil dapat disembuhkan dengan cara konvensional.
Akan tetapi, pengobatan konvensional semacam itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Selain itu, ada juga kemungkinan terjadinya berbagai efek samping dari pengobatan konvensional.
Karena alasan tersebut, biasanya orang dengan hormon yang tidak stabil lebih sering mengabaikan gangguan yang terjadi.
Pengobatan secara alami juga menjadi alternatif terbaik untuk mengembalikan keseimbangan hormon.

Mengenali Hormon dan Fungsinya

Sebelum membahas mengenai pengobatan secara konvensional, ada baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu tentang hormon.
Kita tentu sering mendengar istilah ini, tetapi tidak pernah tahu apakah sebenarnya hormon tersebut.
Hormon dapat diartikan sebagai pesan yang dikirim melalui cairan tubuh.
Selain darah, getah bening juga termasuk dari sarana yang sering digunakan oleh hormon. Pesan yang dibawa oleh hormon juga beraneka ragam.
Pesan tersebut biasanya tergantung pada lokasi hormon tersebut bekerja. Hormon sendiri diproduksi oleh organ yang disebut dengan kelenjar endokrin.
Hormon bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan yang berkaitan dengan pubertas, pertumbuhan, menstruasi, kesuburan, metabolisme, dan masih banyak lagi.
Selain itu, hormon juga mengendalikan kondisi emosional seseorang.

Indikasi Hormon Tidak Seimbang

Karena hormon sangat sensitif, terkadang ia menjadi tidak seimbang. Hanya ada satu cara untuk mengetahui apakah hormon kita dalam kondisi yang seimbang atau tidak.
Pengecekan oleh dokter merupakan cara yang sangat disarankan.
Diusahakan yang menangani hal ini adalah dokter spesialis endokrinologis. Dengan demikian, gangguan hormon akan terdeteksi dengan mudah.
Biasanya, dokter spesialis endokrinologi melakukan pengamatan terhadap gejala yang ditimbulkan.
Apabila hal ini tidak dapat memberikan informasi yang cukup mengenai keseimbangan hormon, maka perlu dilakukan tes laboratorium untuk mendapatkan informasi yang valid.
Mengukur keseimbangan hormon tidaklah mudah.
Hormon sendiri mengalami perubahan dengan cepat. Perubahan semacam ini biasanya terjadi pada wanita.
Tidak jarang kita sering mendengar istilah PMS (Pre Menstrual Syndrom) yang terjadi pada wanita saat mendekati fase menstruasi.

Pengaruh Hormon Tidak Seimbang pada Fisik

Karena hormon memiliki fungsi yang beragam, maka pengaruh yang ditimbulkan hormon pada fisik juga beragam pula.
Salah satu gejala hormon tidak seimbang sering kali muncul dalam bentuk jerawat pada kulit wajah.
Seperti yang kita tahu, munculnya jerawat hormonal biasanya terjadi karena perubahan hormon pada wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi.
Rasa lapar yang tidak biasa juga merupakan gejala yang ditimbulkan oleh perubahan hormon yang tidak stabil. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan berat badan tubuh manusia.
Beberapa orang yang mengalami kesulitan tidur seringnya juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Uniknya lagi, orang yang kurang tidur juga dapat menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
Selain contoh tersebut, masih banyak gejala fisik lain yang menandakan hormon berada dalam tingkatan yang tidak semestinya.

Pengaruh Hormon Tidak Seimbang pada Kondisi Mental

Selain pada fisik manusia, ketidakseimbangan hormon juga turut mempengaruhi kondisi mental seseorang.
Seorang wanita yang menjadi mudah emosi kerap dihubungkan dengan perubahan level hormon yang disebabkan oleh menstruasi.
Akan tetapi, pengaruh hormon secara mental lebih dari itu. Orang yang mengalami depresi juga memiliki kondisi hormon yang tidak seimbang.
Karena alasan yang sama, orang yang sedang depresi sangat dianjurkan untuk melakukan tes hormonal. Selain depresi, kecemasan juga merupakan gejala yang diakibatkan oleh ketidakstabilan hormon.
Apabila hormon kortisol pada tubuh naik, hal ini dapat berpotensi mengakibatkan kecemasan dan stres.
Jangan pernah sepelekan sifat pelupa karena hormon juga dapat mengaburkan ingatan yang dibentuk sebelumnya.

Penyebab Gangguan Hormon

Hormon sangat sensitif terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh manusia. Sebenarnya, apa sajakah yang menyebabkan gangguan hormon tersebut? Secara umum, penyebabnya terbagi menjadi tiga.
  1. Yang pertama adalah kondisi fisik seperti menopause atau diabetes. Kehamilan dan masa menyusui juga menjadi faktor yang berkontribusi dalam terjadinya gangguan hormon.
  2. Sedangkan penyebab kedua adalah konsumsi obat-obatan yang mempengaruhi kondisi hormonal. Pil kontrasepsi dan terapi penggantian hormon termasuk dalam kategori kedua.
  3. Penyebab yang ketiga berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Orang yang kurang aktivitas serta mengonsumsi makanan yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan gangguan hormon.

Pengobatan Umum untuk Ketidakseimbangan Hormon

Apabila hormon menjadi tidak seimbang, kita sebaiknya memanfaatkan pengobatan modern.
Metode perawatan pada pengobatan hormon modern biasanya berbeda antara pria dan wanita.
Selain itu, gejala yang timbul karena perubahan hormon juga dapat menentukan metode pengobatan yang digunakan.
Salah satu metode untuk masalah kesehatan ini adalah terapi penggantian hormon.
Selain itu, penggunaan obat anti-depresan serta pil kontrasepsi juga dapat digunakan sebagai solusi.
Pengobatan untuk hormon yang berubah menjadi tidak stabil juga dapat dilakukan di rumah.
Akan tetapi, sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu mengenai hal tersebut.

Diet Makanan Utuh



Mengubah menu makanan dengan diet makanan utuh adalah solusi alami untuk menjaga keseimbangan hormon. Seperti yang tersirat pada namanya, diet makanan utuh adalah mengonsumsi makanan dalam kondisi utuh.
Yang dimaksud dengan diet makanan utuh di sini adalah mengonsumsi makanan dalam keadaan tidak diproses atau mengalami pemrosesan seminimal mungkin.
Diet tersebut sangat disarankan karena makanan utuh memiliki nutrisi yang lengkap.
Diet semacam ini lebih disarankan dibandingkan dengan diet modern lain karena memiliki lebih sedikit efek samping.
Terdapat alasan penting mengapa makanan yang tidak utuh sebaiknya dihindari ketika ingin mengembalikan keseimbangan hormon.
Makanan olahan seringnya menggunakan berbagai jenis bahan kimia yang berbahaya.
Bahan kimia tersebut pada umumnya digunakan sebagai pengawet atau pemanis buatan.
Keberadaan bahan kimia tidak hanya mengancam kesehatan secara umum, namun juga mengganggu keseimbangan hormon.
Mari kita bahas bagaimana menjauhi bahan kimia berbahaya ini.

Konsumsi Makanan Organik

Karena kebanyakan makanan yang berada di pasar sudah terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya, bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsi makanan sehat.
Salah satu cara paling efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan organik.
Makanan organik diolah tanpa menggunakan bahan kimia apapun.
Sayuran organik merupakan contoh yang tepat. Sayuran semacam ini ditumbuhkan oleh petani tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida.
Menurut penelitian, terdapat hubungan antara konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh pestisida dengan tingkat keseimbangan hormon.
Makanan organik memang sedikit lebih mahal.
Berusaha mengganti makanan sehari-hari dengan makanan organik tentunya membutuhkan biaya lebih. Akan tetapi, hasil dari konsumsi makanan organik sangat baik untuk keseimbangan hormon.
Makanan organik dapat ditemukan di toko makanan dengan label organik.

Makanan yang Perlu Dihindari

Secara umum, terdapat tiga jenis makanan yang perlu dihindari untuk menjaga keseimbangan hormon. Produk olahan yang berasal dari kedelai adalah makanan pertama yang harus dihindari.
Meskipun memiliki kandungan nutrisi berupa protein yang tinggi, olahan kedelai juga mengandung phytoestrogen. Zat ini bisa meniru hormon estrogen dan menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
Selain olahan kedelai, makanan yang perlu dijauhi adalah yang mengandung pewarna buatan. Pewarna buatan harus dihindari karena kandungan petroleum di dalamnya.
Petroleum sendiri dikenal sebagai zat pengganggu kelenjar endokrin. Sedangkan bahan makanan terakhir yang harus dihindari adalah olahan susu.
Sama seperti halnya kedelai, konsumsi terhadap makanan olahan susu secara rutin juga mengakibatkan gangguan hormonal.

Menjauhi Bahan Kimia Berbahaya

Selain makanan, ternyata bahan kimia berbahaya juga dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita.
Bahan kimia pada makanan tersebut dapat mengganggu kinerja kelenjar endorkin dalam memproduksi hormon.
Karena kelenjar ini mempengaruhi produksi hormon dan kualitasnya, sangat disarankan untuk tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam makanan maupun hal lainnya.
Kita juga terkadang terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya melalui produk perawatan diri seperti makeup, shampo, sabun, dan deodorant.
Dengan tingginya bahan kimia yang mengancam keselamatan, sebaiknya kita menghindari bahan makanan dan produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut.
Bahan kimia dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan dan produk perawatan tubuh.
Ketika bahan tersebut sudah terlanjur memasuki tubuh, terdapat dua langkah penting yang harus dilakukan untuk membersihkan diri.
Yang pertama adalah dengan menghentikan konsumsi dan penggunaan bahan-bahan tidak alami. Selain itu, sangat disarankan pula untuk membersihkan bahan kimia tersebut dari dalam.
Alternatif yang efisien untuk langkah kedua ini adalah dengan menggunakan larutan antara baking soda dan cuka putih.
Produk organik untuk membersihkan bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh juga patut dicoba.
Sayangnya, produk tersebut cukup mahal.

Mengurangi Stres

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hormon dapat berubah menjadi tidak seimbang tergantung pada kondisi tubuh kita.
Stres merupakan salah satu penyebab yang berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon pada sistem tubuh manusia. Mengusir stres dari kehidupan kita bukanlah hal yang mudah.
Meskipun demikian, stres dapat dikelola agar tidak mengganggu perkembangan hormon. Beberapa aktivitas yang melibatkan proses relaksasi dapat membantu mengelola stres.
Selain meditasi, yoga dan tai chi merupakan teknik yang efektif untuk dapat mengurangi stres. Apabila stres sudah menjadi semakin sulit untuk dikendalikan, lakukan terapi dengan bantuan terapis.
Terapis yang berpengalaman memiliki metode tersendiri untuk membantu kita menanggulangi stres.

Kegiatan Fisik untuk Menyeimbangkan Hormon secara Alami

Hormon akan diproduksi secara ideal apabila tubuh melakukan aktivitas yang memacu kinerja seluruh anggota tubuh. Kurangnya aktivitas fisik sering dihubungkan dengan hormon yang tidak seimbang.
Olahraga secara teratur tentunya merupakan aktivitas fisik yang sangat disarankan. Olahraga tidak harus pergi ke pusat kebugaran dan menggunakan beberapa peralatan yang tersedia di sana.
Lari pagi adalah hal sederhana yang dapat membantu untuk menjaga keseimbangan hormon.
Udara segar di luar ketika pagi juga dapat membantu untuk mengurangi stres. Kegiatan fisik dapat dilakukan di mana saja, termasuk di kantor.
Daripada menggunakan elevator untuk berpindah lantai, pergunakanlah anak tangga sebagai gantinya.
Dengan demikian, kita tidak perlu repot-repot untuk menyewa pelatih atau mengeluarkan uang untuk membayar keanggotaan pusat kebugaran untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Konsumsi Suplemen

Makanan yang mengandung asam lemak seperti kelapa dan avocado sangat baik untuk aspek hormonal. Kedua jenis makanan tersebut dapat membantu untuk mengendalikan hormon.
Selain itu, terdapat juga beberapa bahan makanan berupa suplemen alami yang patut dicoba.
Goji beri, flax, dan biki chia adalah beberapa contoh suplemen yang dapat digunakan untuk menjaga kestabilan tingkat hormon.
Tidak hanya itu, beberapa toko obat juga sudah menyediakan suplemen khusus untuk mengatasi hal ini.
Perhatikan dosis yang tertera dalam bungkus suplemen tersebut sebelum mengonsumsinya.


Pengecekan Hormon secara Rutin

Kita tidak bisa tahu apakah hormon dalam tubuh kita seimbang atau sedang berada pada tingkatan tidak semestinya tanpa melakukan pengecekan.
Level hormon selalu berubah-ubah.
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala. Setelah dokter mendiagnosa hormon apa yang bermasalah, kita dapat menyesuaikan metode pengobatan yang sesuai.
Dokter juga biasanya menyarankan metode pengobatan untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon tertentu.
Apabila dokter menyarankan untuk menggunakan terapi pengganti hormon, sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu tentang efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan.

Kesimpulan

Hormon bisa menjadi tidak seimbang karena beberapa hal yang tidak kita sadari.
Lebih parahnya lagi, ketidakseimbangan hormon ini berakibat pada berbagai jenis masalah kesehatan yang serius.
Sebelum melakukan pengobatan, alangkah baiknya apabila hal ini didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis endoktrinologi.
Hormon yang tidak seimbang dalam jangka waktu pendek biasanya mengakibatkan rasa tidak nyaman.
Apabila masalah kesehatan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan mempengaruhi fisik dan mental dalam waktu yang lama pula.
Di sinilah pentingnya peranan dokter dalam mendiagnosa perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh kita. Dengan diagnosa yang tepat, maka kita juga bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat pula.
Info herbal ini yang kamu cari : cara menyeimbangkan hormon, cara menyeimbangkan hormon wanita, menyeimbangkan hormon, cara menyeimbangkan hormon pria yang bagus, cara alami menyeimbangkan hormon, jeruk nipis dengan jahe bagus untuk menyeimbangkan hormon, cara seimbangkan hormon wanita, cara membuat hormon tubuh jadi seimbang, cara kembali menyeimbangkan hormon, cara agar hormon endrokrin stabil

Demikianlah Pembahasan tentang Inilah 15 Cara Menyeimbangkan Hormon Secara Alami , semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis

Bagi Anda yang sedang mencari cara diet sehat dan Alami berikut Cara diet sehat dan alami yang wajib kamu ketahui yang sangat berguna untuk membuat tubuh Anda Ideal  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar